BAB
1.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pola
hidup sehat seringkali dianggap sulit,
merepotkan bahkan menuntut pengorbanan kita untuk menjauhi nikmatnya kuliner
yang ada. Banyak makanan yang mudah di dapat, terjangkau harganya dan
mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya pada sayuran. sayur
merupakan makanan yang sering dihindari oleh sebagian orang yang bukan
tipe vegetarian dan terutama bagi anak-anak, misalnya sayur
bayam. Bayam adalah tumbuhan yang ditanam untuk dikonsumsi daunnya. Kandungan
daun bayam juga terdapat zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh
kita. Adapun manfaat bayam yang belum diketahui oleh banyak orang seperti bayam
berguna untuk melindungi mata katarak karena mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dapat memperlambat pembelahan sel kanker
karena memiliki kandungan flavonoid, sebagai antioksidan yang mana bayam
mngandung Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dapat menurunkan tekanan darah
karena bayam mengandung angiotensin. Selain itu bayam juga mengandung klorofil
yang mana juga berguna untuk
merangsang pembentukan sel darah merah, pembersersih alamiah (mendorong
terjadinya detoksifikasi, antioksidan yang akan menetralkan radikal
bebassebelum menimbulkan kerusakan pada sel tubuh dan anti penuaan. Agar anak-anak dan orang yang bukan tipe vegetarian
dapat mendapatkan manfaat yang sangat diperlukan oleh tubuh, maka perlu
diciptakannya sebuah inovasi agar kandungan dalam sayuran khususnya sayuran
bayam dapat dikonsumsi mereka. Inovasi tersebut dapat berupa Es krim. Adapun
alasan yang mendasari kenapa menggunakan inovasi es krim, yaitu : Indonesia
beriklim tropis dan juga es krim sangat disukai dari berbagai kalangan. Es krim
merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi
bagi masyarakat. Membayangkan es krim akan terbayang kelembutan dan kelezatan
rasanya. Rasa yang manis, gurih,dingin dan lembut amat menggugah selera.
Pembuatan es krim sebenarnya sederhana saja, yakni mencampurkan bahan-bahan dan
kemudian mendinginkan. Es krim yang biasanya terdapat di pasaran biasanya
terbuat atau berbahan dasar susu cair,
akan tetapi kali ini, es krim yang digunakan dengan berbahan dasar
bayam. Selain mendapatkan kenikmatan dan kelembutan dari es krim ini juga
mendapatkan kandungan yang terdapat dalam bayam yang sangat diperlukan dalam
tubuh.
Kali ini, Es krim bayam hadir dengan varian rasa dan
kemasan yang kami sesuaikan dengan segmen pasar. Kami memformulasikan varian
rasa dan kemasan Es krim bayam sesuai segmen yang kami target. Prospek
pemasaran produk ini akan terus meningkat seiring bertambahnya kesadaran
masyarakat pada kesehatan. Contohnya adalah mengatasi kesulitan konsumsi sayur
pada anak – anak dan orang yang tidak menyukai sayuran, memberikan kudapan anti obesitas bagi muda –
mudi dan asupan gizi tinggi yang praktis bagi konsumen pemerhati kesehatan.
Didukung oleh tim produksi yang selalu menghadirkan varian baru Es krim bayam dan tim pemasaran yang siap
menghadirkan Es krim
bayam ke tangan konsumen perusahaan kami berkomitmen untuk terus menjadi pelopor kudapan sehat di Indonesia.
bayam ke tangan konsumen perusahaan kami berkomitmen untuk terus menjadi pelopor kudapan sehat di Indonesia.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara
pengolahan sayuran bayam agar dapat disukai banyak orang?
2.
Bagaimana cara membuat
produk Es krim bayam?
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan yang ingin dicapai dengan adanya program kegiatan ini
adalah:
1.
Mengetahui cara
pengelolaan sayuran bayam agar dapat disukai oleh banyak orang?
2.
Mengetahui cara pembuatan
produk Es krim bayam?
1.4
Luaran yang Diharapkan
Luaran
yang diharapkan dari penyusunan proposal “ES KRIM AMARAH” adalah:
1.
Menciptakan inovasi
produk es krim baru dengan berbahan dasar bayam yang memiliki banyak gizi yang
dibutuhkan oleh tubuh.
2.
Sebagai sarana makan
sayur dengan tampilan yang berbeda dan yang disukai oleh semua orang.
3.
Dapat memperluas
jaringan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1
Gambaran Sumber Daya Tenaga
Kerja
Pelaksanaan kegiatan untuk tercapainya “ES KRIM AMARAH”
memerlukan enam 6(enam) tenaga kerja yang terdiri dari 3 produsen yang memiliki
tugas memproduksi es krim, menemukan produk baru dari es krim dan juga
mendistribusikan es krim. 3 pemasaran yang bertugas untuk mencari distributor,
promosikan produk dan sales referall. Penjualan “ES KRIM AMARAH” bisa
bekerjasama dengan minimarket dan toko sekitar dan kantin sekolah, kantin
fakultas pertanian dankantin fakultas lainnya..
2.2
Gambaran Produk
ES KRIM AMARAH merupakan es krim yang berbahan dasar bayam.
Pembuatan eskrim bayam ini tidaklah sulit akan tetapi ada kunci rahasia yang
diletakkan saat pembuatan sehingga rasanya berbeda dari yang lainnya. Langkah
kerja pembuatan “ES KRIM AMARAH”, yaitu: alat dan bahan disiapkan terlebih
dahulu, Sayuran bayam direbus selama 7 menit kemudian di angkat dan ditiriskan.
Bayam yang sudah ditiriskan lalu diblender hingga halus. Gula, susu kental
manis, agar agar, air es dan bayam yang sudah diblender dan varian rasa dimixer selama 3-5 menit
untuk dicampurkan menjadi satu. Semua bahan yang sudah dimixer menjadi satu
adonan disimpan didalam lemari es dengan suhu 0-40C. Pemeraman
merubah kemampuan pengocokan adonan menjadi sebaik tekstur es krim akhir.
Pemeraman mebuat lemak dari protein susu menjadi kristal dan bahan penstabil
menyerap air bebas sebagai air hidrasi . Pembekuan adonan dengan lemak tak
berkristal akan cenderung menghasilkan suatu pengocokan yang tidak terkontrol
dalam freezer. Protein susu dan penstabil protein membutuhkan beberapa jam
untuk menyerap air sebagai hidrasi. Adonan membutuhkan waktu untuk diperam 24
jam. Bila diperam hanya 2-4 jam, hasilnya tidak nyata. Adonan yang telah
diperam selama semalam diaduk kembali agar tekstur menjadi lembut dengan
menggunakan Mixer kemudian dikemas dalam wadah cup yang telah diberi label. Es
Krim Bayam siap untuk dipasarkan
2.3
Gambaran Potensi Pasar
Survey terhadap target pasar “ES KRIM AMARAH” diantaranya
CFD, pasar minggu, lingkungan kampus, minimarket serta pihak-pihak yang relevan
diajak bekerjasama dalam pemasaran produk.
2.4
Gambaran Usaha
Kegiatan Usaha pembuatan “ES KRIM AMARAH” dilakukan dalam home
industry dengan area pemasaran di kota Malang dengan target pasar anak-anak,
orang yang pemerhati kesehatan, dan semua kalangan karena es krim ini memiliki
keunggulan banyak disukai oleh semua
kalangan. Usaha ini merupakan usaha awal yang dicoba untuk mengembangkan usaha
yang lebih besar. Dalam pengembangannya,
es krim ini akan bersaing dengan merk dagang yang sudah terkenal.
BAB 3. METODE PELAKSANAAN
3.1
Tahap Persiapan
a.
Persiapan tempat usaha
Tempat untuk memproduksi usaha di rumah salah satu anggota
agar mudah dalam pembelian bahan-bahan yang diperlukan, dan untuk penjualannya
kami bekerjasama dengan minimarket dan toko-toko disekitar.
b.
Pembuatan Desain Logo
dan Media Promosi
Tim telah mendesain logo “ES KRIM AMARAH” sesuai dengan
kesepakatan bersama sebagai merk eskrim bayam. Label untuk mengenalkan produk
kami dengan menempelkan di cup. Untuk media promosi menggunakan iklan, baner,
pamphlet dan media social dan juga sambung nyowo yang mana promosi dari
mulut-kemulut.
Gambar 1. Gambar Logo
c.
Survei pasar
Tim melakukan surveiterhadap target pasar “ES KRIM AMARAH”
diantaranya CFD, Pasar minggu, lingkungan universitas, minimarket serta pihak-pihak yang relevan
diajak bekerjasama dalam pemasaran produk.
3.2
Strategi pemasaran
a.
STP (Segmentation,
targeting & Positioning)
1.
Segmntation
Segmentation merupakan cara untuk memilah-milah kelompok
konsumen berdasarkan potensial penawaran produk yang berbeda-beda.
a)
Kelompok anak-anak
Es krim banyak disukai oleh anak-anak akan tetapi anak-anak
tidak menyukai sayuran. Dengan demikian trobosan es krim bayam ini akan dipilih
oleh anak-anak karena dengan label yang unik dan berbagai macam rasa.
b)
Kelompok Pelajar
Segmen lain adalah pelajar yang ada disekitar lingkungan
universitas brawijaya baik SD, SLTP maupun SLTA yang juga menggemari panganan
es krim. Terlebih lagi mereka yang cenderung konsumtif dan menyukai hal-hal
yang baru.
c)
Kelompok Mahasiswa
Kalangan mahasiswa sangatlah banyak ditambah lagi letak
universitas brawijaya yang berdekatan dengan universitas yang lain sehingga
menjadi kelebihan tersendiri dalam kegiatan survey, promosi dan pemasaran
produk.
d)
Kelompok Umum
Kelompok ini terdiri dari segmen dosen, karyawan, pemerhati
kesehatan dan masyarakat umum.
e)
Targetting
Target utama pemasaran produk inin pada kelompok anak-anak,
pelajar dan mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti pada
anak-anak yang kurang bahkan tidak menyukai sayuran, sedangkan pada kelompok
mahasiswa dan pelajar juga akan mengurangi angka pengguna kacamata karena
kurangnya vitamin yang dikonsumsi yaitu vitamin A.
f)
Positioning
Pelanggan dapat
melihat produk ini sebagai produk “ES KRIM AMARAH”. Sesuai
dengan misi kami, menghadirkan kudapan nikmat bermanfaat melalui inovasi sayur
dengan karakter kandungan gizi yang unik. Dapat disimpulkan bahwa keberadaan
kami sebagai sebagai pelopor produsen kudapan yang berkualitas tidak perlu
diragukan lagi. Kami menawarkan beragam varian Es krim bayam sesuai kebutuhan
segmen pasar kami. Karena setiap konsumen kami adalah bagian penting dalam
pengembangan produk kami.
g)
Marketing
Mix
1.
Produk
Produk berupa
“ES KRIM AMARAH” dengan rsa yang beragam. Keunggulan dari produk ini mengandung
banyak gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat hidup sehat
dengan asupan sayuran yang dikemas dengan es krim.
2.
Harga
Produk
“ES KRIM AMARAH” dijual dengan harga yang tidak mahal dan terjangkau yaitu Rp.
6.000,00 per cup.
3.
Promosi
Promosi
merupakan senjata utama dalam pemasaran produk. Hal ini diperlukan jarena perlu
adanya pengenalan awal pada produk yang tergolong baru. Promosi dapat dilakukan
dengan
a.
Iklan
Iklan ini dengan menyebarkan brosur
b.
Sosial Media
Berupa broad cast dari BBM, Line, facebook, whatshap, twitter.
c.
Sambung
Nyowo
Di jurus ini menggunakan kekuatan
penjualan Mulut Lewat Mulut karena penjualan terbaik adalah hasil dari konsumen
yang puas kemudian mereferensikan ke orang lain.
4.
Tempat
Untuk tempat pemasaran produk kami bekerja
sama mini market dan juga toko sekitar. Selain itu kami juga memasarkan produk
di daerah lingkar UB dan juga penentuan lokasi memenuhi kriteria sebagai
berikut: strategis, bersih dan nyaman. Selain itu bekerjasama dengan
kantin-kantin sekolah, fakultas pertanian khususnya dan fakultas lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar